5 Hal Penting Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Daftar Isi

5 Hal Penting Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Selamat datang kembali di blog kami, artikel kali ini masih membahas seputar tips dan cara melamar kerja yang baik dan benar, namun lebih spesifik lagi kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar dan tentu saja di sukai HRD. 

Hal penting dalam membuat surat lamaran kerja

Seiring perkembangan jaman semua hal terus mengalami perubahan, dari yang dulunya baik menjadi semakin baik, tidak lepas pula untuk sebuah surat lamaran kerja, jika mengingat masa sekitar 7 sampai 10 tahun ke belakang, untuk membuat selembar surat lamaran kerja kita masih melakukannya secara manual yaitu dengan menulis sendiri surat lamaran tersebut. 

Namun sejak kurang lebih 2 sampai dengan 3 tahun yang lalu surat lamaran perlahan berubah mengikuti trend teknologi yang menjadi sarana untuk penerimaan berkas calon karyawan di sebuah perusahaan. 

Saat ini untuk surat lamaran sendiri beserta dokumen pelengkap lainnya sudah bisa di kirim melalui email ke alamat email perusahaan yang di tuju, namun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang harus di perhatikan ketika kalian membuat surat lamaran kerja. 

Semua kandidat atau pelamar kerja kemungkinan akan memiliki format surat lamaran yang sama antasa satu dengan yang lainnya, mulai dari Nama, Jenis kelamin, Alamat, Pendidikan terakhir dan pada akhir surat lamaran di cantumkan lampiran apa saja yang di ikutkan. 

Menurut kami secara pribadi itu merupakan hal yang sudah ketinggalan jaman jika kalian gunakan saat ini, untuk itu berikut kami informasikan hal-hal yang perlu kalian perhatikan dalam pembuatan surat lamaran yang baik dan menarik agar bisa di notis secara cepat dari tim HR. 

Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Struktur Surat Lamaran

Struktur surat lamaran yang adalah dengan memperkenalkan diri kalian, sebutkan pekerjaan yang ingin kalian aply, tunjukan kalau memang kalian punya skill pada bidang pekerjaan tersebut, tunjukan antusias kalian terhadap pekerjaan tersebut dan yang terakhir adalah say thanks dan tinggalkan kontak dan jangan lupa untuk menambahkan informasi kalau kalian bisa di hubungi kapan saja. 

2. Panjang Surat Lamaran

Surat lamaran merupakan versi singkat dari keseluruhan CV kalian, jadi sebaiknya buatlah surat lamaran dengan satu halaman saja, intinya dengan sekali baca orang sudah mengetahui siapa kalian. 

Karena pada faktanya, ketika seorang HRD melakukan scanning kandidat atau mencari-cari CV yang pas, mereka hanya punya waktu sekitar 10 detik untuk membaca surat lamaran kalian, kalian harus tau bahwa kerjaan tim rekrutment serba cepat, maka dengan surat lamaran yang terlalu panjang kemungkinan besar akan melewatkan kesempatan terbaikmu untuk bisa masuk ke perusahaan yang kalian tuju. 

3. Make It Personal

Saran dari kami untuk kalian para pencari kerja, jangan sekali-kali memakai CV atau surat lamaran yang sama tapi melamarnya ke posisi dan perusahaan yang berbeda-beda, misalnya seperti menyapa banyak orang dengan satu kalimat yang sama yaitu selamat pagi, itu menunjunkan kalian tidak serius di dalam membuat surat lamaran karena tidak menyebutkan nama perusahaan yang di tuju. 

Jadi bisa di katakan untuk satu surat lamaran yang sama kalian sebar ke beberapa perusahaan tanpa menyebut nama perusahaan dan posisi yang kalian inginkan akan sangat terlihat tidak profesional. 

Mencari kerja itu sama seperti halnya kalian mencari jodoh, kalian harus kenali dulu perusahaan yang ingin kalian ajukan surat lamaran,kalian harus cermati posisi apa saja yang di butuhkan perusahaan tersebut, skill yang mereka butuhkan seperti apa dan perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, agar ketika kalian membuat surat lamaran ke perusahaan tersebut bisa lebih personal, tambahan lainnya akan lebih baik lagi jika kalian mengetahui nama dari HRD perusahaan tersebut. 

4. Tunjukan Antusiasme Ketika Melamar Pekerjaan

Untuk poin ke empat ini sebenarnya optional ya, tapi akan lebih bagus jika menunjukan antusiasme kalian untum melamar posisi tertentu pada sebuah perusahaan, misalnya untuk satu posisi yang membutuhkan karyawan di lamar oleh banyak orang, otomatis akan banyak cv atau surat lamaran yang masuk ke pihak HRD, nah kalian bisa mencari nilai tambah dengan menunjukan antusias kalian untuk posisi pekerjaan tersebut. 

Karena kebanyakan para pencari kerja yang melamar untuk posisi tertentu tidak menunjukan antusias berlebih untuk posisi yang mereka inginkan, mereka hanya sekedar mencantumkan skill yang mereka miliki cocok untuk posisi tersebut. 

Kebanyakan pelamar di dalam surat lamarannya akan kelihatan kalau mereka hanya sekedar butuh kerja atau untuk menambah pangalaman saja, dan ini bisa kalian manfaatkan untuk mencari nilai lebih dari tim HRD, mereka akan sangat tertarik terhadap surat lamaran seseorang yang terlihat sangat menginginkan posisi tertentu

Kita ambil contoh untuk posisi maintenance, karena jurusan kalian memang dari jurusan teknik mesin dan sudah menguasai mesin, maka kalian bisa tuliskan bahwa hal tersebut merupakan keahlian kalian dengan beberapa kalimat yang dapat menarik perhatian HRD seperti kalian ceritakan mengenai kesenangan kalian ketika berhadapan dengan mesin atau ketika memperbaiki mesin, jadi ibarat kata kalian jualannya sudah bagus dan HRD akan sangat tertarik dengan kalian. 

5. Perhatikan Typo Dan Tanda Baca

Ya mungkin kedengarannya sepele , tapi kalian harus pahami bahwa ini dampaknya sangat besar untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan, perhatikan dengan sangat terliti untuk penggunaan tanda baca dan kesalahan huruf di setiap kata dan kalimat di dalam surat lamaran kalian. 

Cara mudahnya sebelum kalian mengirim surat lamaran kalian, tidak akan ada salahnya untuk kalian baca lagi 2 sampai 3 kali untuk memastikan apakah penggunaan EYD sudah tepat dan tidak ada kesalahan penulisan. 

HRD juga mempunyai penilaian sendiri terhadap surat lamaran yang terlihat banyak kesalahan pada penggunaan tanda baca dan kesalahan ketik, jika di awal melihat surat lamaran kalian sudah tidak profesional, maka otomatis kesempatan kalian akan terbuang sia-sia hanya karena hal sepele seperti ini. 

Setelah kalian mengetahui 5 hal di atas, mari lihat contoh surat lamaran yang baik dan benar di bawah ini.

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

Kalian bisa mencontoh salah satu surat lamaran di atas, sekedar informasi bahwa format ke tiga surat lamaran tersebut kami dapatkan dari Tim HRD sebuah perusahaan, dan menurut mereka ke tiga contoh di atas sangat baik untuk sebuah surat lamaran kerja.

Mungkin sekian apa yang bisa kami bagikan kepada kalian, jika artikel ini bermanfaat, seperti biasa jangan lupa untuk memberikan komentar positif dan saran yang membangun untuk kami.