Tips Gampang Dapat Kerja : Kemampuan Yang Harus Di Miliki

Daftar Isi

Tips Gampang Dapat Kerja : Kemampuan Yang Harus Di Miliki

Buat kalian yang sekarang berada di tahun-tahun terakhir kuliah atau kalian yang baru saja lulus, apakah kalian sudah merasa siap untuk bekerja? Buat sebagian mahasiswa transisi dari perkuliahan ke dunia kerja itu sedikit ngermit, apalagi media dan orang-orang di sekitar tidak jarang mengingatkan bahwa seremnya kehidupan kerja dan betapa berbedanya kehidupan kerja dengan kehidupan dunia perkuliahan

Namun itu merupakan hal yang sangat wajar jika kalian merasa takut atau khawatir, maka dari itu melalui artikel ini kami akan menyampaikan kepada kalian hal-hal yang membuat masa transisi dari bangku kuliah ke dunia kerja kalian dengan berjalan mulus dan lancar tanpa ada hambatan yang berat untuk di jalani

Berbagai riset membuktikan kalau faktanya fresh graduate bisa merasakan kecemasan mengenai karir pekerjaan yang akan mereka jalani antara lain adalah, Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan, Perbedaan suasana kerja dengan kampus, Minimnya pengalaman kerja dan yang terakhir Tingginya tuntutan untuk langsung bisa mendapatkan sebuah pekerjaan impian. 

Walaupun kecemasan akan 4 hal tersebut adalah sesuatu yang normal, bukan berarti kalian abaikan begitu saja dan tidak melakukan apapun, sebenarnya kalian bisa mengatasi ke empat hal ini dengan dua cara yaitu yang pertama Mengikuti magang agar kalian bisa mendapatkan sedikit tambahan pengalaman kerja dan yang kedua Mencari informasi tentang kemampuan apa saja kemampuan untuk bisa memasuki dunia kerja. 

Untuk cara yang pertama kami tidak akan menjelaskan secara rinci, kalian bisa searching langsung di platform penyedia kerja dan mencari pekerjaan magang disana, di artikel ini kami akan mengajarkan kemampuan karir apa kemampuan yang harus kalian siapkan secara general, tidak spesifik ke jurusan tertentu, jadi kemampuan ini adalah hal-hal mendasar yang akan membantu karir kalian di dalam dunia kerja nanti dan apapun pekerjaan yang akan kalian ambil nantinya, mau jadi sales, marketing, Accounting, Developper atau bahkan bidang lainnya sesuai dengan jurusan kalian, namun kemampuan yang akan kami jelaskan ini akan tetap penting tanpa fokus ke salah satu bidang atau jurusan tertentu.

Tapi sebelum masuk lebih dalam, kalian harus paham dan mengerti dulu mengapa kompetensi ini sangatlah penting? kalau misalkan di jelaskan secara singkat, karena kompetensi-komptensi yang akan kami jelaskan ini akan membuat kinerja pekerjaan kalian jauh lebih baik tapi itu cuma salah satu hal yang akan kalian dapatkan, Mark Murphy seorang penulis menyebutkan bahwa 44% dari 20.000 pekerja yang dia kumpulkan datanya itu mengalami kegagalan dalam mendapatkan pekerjaan selama 18 bulan, dan 11% dari yang gagal itu datangnya dari kurang nya kompetensi yang mereka miliki dan yang akan kami jelaskan pada artikel ini. 

Jadi bisa di katakan jika kalian tidak memiliki kompetensi-kompetensi ini kemungkinan besar mangalami kegagalan dalal 18 bulan pertama mencari pekerjaan yang kalian inginkan sesuai dengan jurusan perkuliahan kalian, bukan hanya performa kalian menurun tapi lebih kepada susahnya mendapatkan pekerjaan tersebut.

Tips Gampang Dapat Kerja

Jadi, sebenarnya apa saja kemampuan yang harus kalian miliki untuk menghidari hal buruk tersebut, seharusnya banyak sekali kemampuan dasar yang harus kalian pelajari, namun sudah di rangkum oleh seseorang yang bernama Josh Akkermann seorang Profesor karir berkelanjutan yang berasal dari amsterdam sudah merangkum kompetensi yang tadinya banyak sekali menjadi 3 kemampuan dasar secara umum yang mudah nuntuk kalian pelajari. 

1. Kemampuan Karir Reflektif

Adalah kemampuan mengenali diri sendiri, dimana kalian harus paham dulu siapa diri kalian, apa yang kalian sukai, dan di bidang apa kalian bisa merasa unggul atau menuasai sesuatu dengan lebih baik di banding bidang yang lainnya. 

Akan jauh lebih baik lagi jika apa yang kalian sukai adalah apa yang paling menonjol dari diri kalian sendiri, dengan kata lain kalian tidak perlu harus menjadi orang lain untuk bidang tersebut, karena sebenarnya pekerjaan terbaik itu adalah hobi kalian sendiri dan tentunya bisa menghasilkan. 

Banyak orang bekerja tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya mereka sukai atau apa sebenarnya jati diri mereka, misal orang yang suka dengan perhitungan yang akan jauh lebih senang dia bekerja di bagian Accounting tapi justru mengambil pekerjaan yang tidak ada hubungannya dangan hal tersebut, yah kemungkinan untuk bisa mencapai karir yang baik sudah jelas ada, namun dari segi kepuasan akan sangat kurang dan tidak mendapatkan apa yang namanya kenayaman dalam bekerja.

2. Kemampuan Komunikatif

Kemampuan komunikasi efektif berkaitan dengan kemampuan personal, kemampuan menerima kritik, kemampuan memberikan saran yang baik serta kemampuan untuk mencari petunjuk dari orang lain, dan juga di bagi ke dalam dua bagian yaitu Jaringan dan Profil Diri. 

Jaringan Definisnya adalah kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan baik, kemampuan bernegosiasi, kemampuan mempersuasi dan memperluas koneksi yang bertujuan untuk kemajuan karir kalian. 

Profil Diri ini arahnya lebih kepada kemampuan untuk mengkomunikasikan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan pribadi ke pasar tenaga kerja, kolega atau atasan, jadi intinya adalah sebagus apa dan sebaik apa kalian mengkomunikasikan ide-ide yang kalian punya. 

3. Kompetensi Perilaku

Kemampuan Dan pengetahuan untuk membentuk karir kalian secara maksimal, "Knowing How" Bagaimana caranya menggunakan kualitas yang kalian punya untuk membuat karir kalian berjalan mulus misal pertanyaannya, bagaimana sih agar bisa karir kalian naik dan berjalan mulus, bagaimana sih agar karir kalian bisa cepat naik tanpa ada hambatan berarti. 

Sekarang yang jadi pertanyaan dasarnya adalah bagaimana kalian meningkatkan ke tiga kemampuan kalian tersebut? pada artikel ini juga kami akan memberikan Tips singkat buat itu semua. 

Biasanya orang-orang dalam menyampaikan sesuatu mereka bisa menggunakan dua pendekatan, yang pertama mereka sampaikan dulu titik utamanya baru di jelaskan argumennya, intinya poin nya dulu apa baru setelah itu di jelaskan argumen dan cara atau bagaimana menuju kepada poin tersebut dan pendekatan yang kedua adalah sebaliknya, mereka menjelaskan dulu panjang lebar mengenai argumen atau apapun itu yang menjelaskan sesuatu yang baru kemudian mereka menyampaikan poin utama atau poin yang ingin di tuju. 

Jadi kami pikir melalui artikel singkat ini kalian bisa mengetahui sedikit Tips Untum Mendapatkan Pekerjaan melalui kemampuan yang harus kalian miliki.

Jika artikel ini bermanfaat untuk ksliam maka berika komentar positif serta saran yang membangun untuk kami, agar ke depan dam terus memberikan informasi menarik yang bermanfaat untuk kalian semua.